Penting Banget! Portofolio Online untuk Content Writer



Hei, content writer, graphic designer, dan copywriter di seluruh bagian bumi Nusantara! Gak zaman lagi bikin portofolio dalam bentuk PDF atau kertas. Dunia yang serba digital sekarang menuntut kita lebih kreatif lagi dalam membuat resume dan portofolio kita guna menarik perhatian klien atau perusahaan.

Apalagi kita yang sehari-hari kerjanya berhubungan dengan dunia online, sudah saatnya mengubah portofolio kamu ke dalam bentuk digital yang bisa diakses dengan mudah oleh publik. Salah satu cara yang gue lakukan adalah membuat portofolio online.


Potofolio online memudahkan klien, rekan, dan perusahaan melihat hasil karya yang telah kita buat. Baik karya yang telah di publish online  maupun offline. Gue sendiri mulai tertarik membuat portofolio secara online karena para penulis di luar Indonesia sudah melakukannya, dan juga karena alasan penghematan kertas. Boros banget, tiap mau cetak portofolio harus pakai kertas dan tinta yang banyak. Belum lagi, kalau dicetak itu gak bisa semuanya, padahal hasil karya gue banyak :D

Gak susah kok bikin portofolio online. Saat ini sudah banyak website-website dalam dan luar negeri yang menyediakan platform gratis hingga berbayar untuk orang-orang yang bergerak di bidang kreatif ingin menampilkan karyanya secara online. Nantinya klien hanya tinggal mengetik alamat URL di browser mereka, dan tadaaaaa hasil tulisan atau desain yang pernah kamu buat sebelumnya dapat diakses dengan mudah.

Setau gue, ada beberapa situs yang menyediakan jasa platform portofolio dengan gratis. Platform tersebut beda-beda fasilitasnya dan biasanya kamu bisa pilih desain yang sudah disediakan. Jadi, portofolio kamu jadi makin cantik dan sedap dipandang.

Setahu gue, situs untuk membuat portofolio online yaitu :

  1. Behance : cocok buat para desainer
  2. Journoportfolio : cocok buat copywriter, content writer, jurnalis
  3. Portofoliobox : buat fotografer dan desainer
  4. Carbonmade : buat desainer
  5. Clippings : buat jurnalis dan writer
  6. C2live : buat jurnalis, copy and content writer

Setelah kalian membuat portofolio online nantinya kita akan mendapatkan URL yang bisa dibagikan ke semua klien. Format URL-nya biasanya begini

nama_situs tempat kamu mendaftar

Contohnya kayak punya gue gini sepatukaca.c2live.com .

Membuat portofolio online memudahkan gue untuk membagikan portofolio kepada HRD atau klien yang pengen liat hasil tulisan gue yang udah tayang di media massa. Nantinya, kalau ngelamar kerjaan, udah gak perlu repot lagi attach portofolio yang dalam bentuk PDF. Gue hanya perlu mencantumkan nama URL nya itu di CV. Contohnya kaya gini :



Gampang banget kan? Yuk mulai sekarang melek teknologi. Kita sebagai para pejuang digital harus lebih kreatif lagi promosiin karya kita. Banyak kok situs penyedia pembuat portofolio GRATIS! Tapi tentunya ada sisi keterbatasan fasilitas dibanding yang berbayar. Gapapa, nanti kalau kamu punya uang yang lebih banyak, kamu bisa meng-upgradenya ke mode PREMIUM.

Itu aja sih yang mau gue share, semoga bermanfaat ya!

You Might Also Like

1 comments

  1. Setuju banget! Platform portfolio benar-benar memudahkan saat mao share artikel terbaik ke calon klien!

    Saya sendiri juga pakai nih -> enrickoman.c2live.com =D

    BalasHapus

No Rude Words, Please ^^