My Journey : Sawarna!



“Libur telah tiba hore hore hore!” itu yang bakal dikatakan orang-orang ketika liburan tiba.. apalagi liburnya tiga bulan men bayangin tiga bulan! HAHAHA PUAS BANGET TUH! Yap di awal bulan Juli ini gue sama ceman-ceman baik gue di kampus. Berkat rekomendasi dari kaka ninja hatori kita semua sekitar delapan orang dari tanggal 2-4 Juli liburan ke DESA SAWARNAAAAAA!!!
Delapan orang yang imut-imut ini terdiri 3 pasang cewek-cowok dan dua pasang mahluk tak dikenal (ups..!). Gue sama domo, ranger putih sama ninja hatori, pearl sama JKP, n ranger pink kecoklatan sama kita sebut aja nyonya puff (hehe....)

Kita berdelapan berangkat dari terminal Bogor sekitar puukul 6.00 pagi naik bis MGI menuju Pelabuhan Ratu, tadinya mau yang langsung menuju Kota Bayah tapi gak ada yaudah kita naek bis ekonomi ke Pelabuhan Ratu. Ongkos bis sekitar Rp. 25.000/orang harusnya sih Rp. 15.000/orang tapi karena kita gak tau yaudah mau gimana lagi yang penting mah berangkaaaat...!!!
Perjalanan melewati gung lewati lembah ke Sukabumi pun sukses bikin gue mabok darat yaaa gimana yah gue udah lama gak jalan jauh sekalinya jalan jauh jalannya muter-muter jadilah gue pusing-pusing selama perjalanan.. DAM*!

Sekitar empat jam perjalanan dari Bogor-Sukabumi dan tanpa henti Alhamdulilah jalanan gak macet. Teru dari terminal Pelabuhan Ratu kita naik mobil semacam angkot gitu langsung ke desa Sawarna, Banten. Itu mobil satu-satunya akses langsung ke Sawarna untung masih ada pas kita nyampe jadi gak usah nyambung naek ojek lagi.

Dari Pelabuhan Ratu perjalanan sekitar 2-3 jam dan itu lagi-lagi jalannya muter-muter dan bahkan lebih gak jelas daripada jalan Bogor-Sukabumi, jalannya banyak yang berlubang mengakibatkan penumpang yang naik terguncang-guncang dan gue pengen muntah -____-“. Sayang banget jalan ini gak diurus sama pemerintah setempat padahal punya tempat pariwisata yang bagus ckckck. Dari . Dari pelabuhan Ratu-Sawarna kita bayar ongkos sekitar Rp. 15.000/orang.

DAY 1 (2 Juli 2012)
Alhamdulilah kita sampe dengan selamet sampe ke Sawarna. You know what? Pas kita nyampe desa tersebut, kita disambut dengan jembatan kayu yang cukup panjang buat nyampe ke tempat tujuan dan buat nyebrang pantai tersebut dikenakan ongkos retribusi sekitar Rp. 2000/orang duh susah yee jaman sekarang bawaannya apa-apa kena duit gak apa-apa sih untung masih dua ribu per orang daripada 15.000 per orang bangkrut langsung gue hahaha.. udah gitu kita cari Homestay yang seenak mungkin. Ketemulah dengan Homestay Java Beach. Tempatnya enak banget kayak villa gitu. Satu-satunya Homestay yang bertingkat dibanding yang lain. Kita bayar sewar per hari Rp. 50.000/orang belum termasuk makan makannya kita bikin sendiri soalnya emang bawa bahan-bahannya dari rumah. Kita sewa dua kamar. Yang satu kamar buat para cowok dan yang satu lagi buat para cewek. Kamarnya luas dengan kamar mandi di dalam dan juga ada kipas anginnya (hore.....). disitu juga ada fasiitas olahraga dan juga dapur jadi gampang deh kalo mau masak hehe... udah nemu penginapan kita semua pas sore langsung menuju ke Pantai Sawarna yuhuuuu itu pantai keren banget sepi! Serasa milik sendiri! Pas banget buat ngeliat sunset dan pas banget buat gue hunting foto muehuehuehue (salah satu foto gue bisa diliat di tulisan ini). Udah gitu kayak biasa kita semua foto-foto narsis ala anak alay di Tanjung Layar haha...
Pas malem tiba kita semua gak bisa tidur kecuali si Domo yang kebluk tidur duluan ckckck.. Pas lagi di kamar gue, Ranger Putih, ninja hatori, dan nyonya puff ketawa-ketawa gak kuat dengan pedenya si Ranger Pink Kecoklatan mamerin celananya yang bolong.. eh sumpah gak tau malu banget tuh orang. Tapi karena ketawa kita terlalu kenceng sementara orang di kamar sebeah udah tidur yaitu bule, eh si bule mara-marah dengan bahasa Inggrisnya.. Kenceng banget sukses bikin gue ketakutan, dia bilang ke kita (yang berisik), “FU**ING SHUT UP!” hahaha
Setelah denger itu hidup gue langsung gak tenang dan semuanya diem memilih untuk tidur. Sementara pearl dan JKP bergalau-galau diluar kamar, terjadilah melodrama DOA DAN PENGABDIAN yang sampai membuat pearl mengeluarkan air mata.. ohhhhh!

DAY 2 (3 Juli 2012)
Di hari kedua ini seruuuu banget! Oke gue bakal menjabarkannya satu-satu seinget gue. Hari ini kita semua yang harusnya berangkat pukul 7.00 tapi karena anak-anak pada kebluk yaudah kita berangkat sekitar 7.30 dari Homestay kita langsung jalan kaki menuju Goa Lalay. Yap akhirnya ke Goa! Gak sabar banget apalagi kalo bukan hunting foto hehe.. kita dipandu dua anak kecil yang baik hati berasal dari desa Sawarna yaitu Topan dan Irfan. Irfan ini bukan nama yang sebenernya nama ngsebenrnya gue gak tau siapa tapi karena dia make kaos yang tulisannya Irfan (mingkin Irfan Bachdim) yaudah gue jadi kebiasaan manggil dia Irfan hehe.. Tadinya sih kita berdelapan asal aja gitu jalan dengan modal bertanya ke warga sekitar tentang Goa Lalay. Tapi entah kenapa tiba-tiba dua anak kecil ini ngikutin dan ujungnya jadi tour guide kita, yah mungkin udah pekerjaannya kali yaa.. Ya sudahlah. Sesampainya di Goa itu penuh dengan air! Gak nyangka kirain gue bakal kering tapi nyatanya harus berbasah-basahan buat masuk Goa. Kesan pertama yaitu gelap! (yaiyalah namanya juga Goa). Tapi bodo amat karena banyakan gue jadi berani gak lupa niat awal gue buat hunting! Tapi kejadian gak seru muncul ketika RANGER PINK KECOKLATAN DAN RANGER PUTIH (sengaja gue bold biar orang pada liat) gak berani masuk goa dan nangis pengen pulang ke mamah haha payaaaah gituan doang gak berani! Padahal mah banyakan ini atuh. Akhirnya terpaksa mereka ditinggal. Sayang banget liburan gak dimanfaatkan ckckck...
Di dalem Goa banyak terukir patung-patung unik. Entahlah kenapa bisa terukir semacam patung disitu. Gue juga bingung bagaiman mana bisasi pemahat ngukir patung diisitu itu masih sebuah misteri. Semakin malam hawanya pun semakin mistis. Gue sama yang lain pun gak lupa berfoto pake Konni gue tercinta. Kali ini Konni berperan besar tanpanya aku tak tahu akan jadi apa (haha naoooon!).
Abis puas dari Goa kita semua menuju Laguna yang terletak di atas bukit-bukit. Perjuangan besar pun harus dilewati mendaki gungung, lewati sawah, menyebrang kali, semua harus gue lewati demi mendapat gambar yang bagus itulah yang harus gue lakukan latihan menjadi jurnalis BWAHAHAHA *evil laugh
Gak sia-sia pas sampe yihaaaaaa pemandangan alam hasil ciptaan-Nya membentang luas depan mata gue. SUBHANALLAH! Itulah yang langsung terbayang di pikiran gue keindahannya gak bisa diungkapkan dengan kata-kata.. INDAH BANGET!  Langsung deh gue lompat maen air, tenggelem, loncat lagi ketawa-ketawa huaaaa pokonya puas banget! Dan so pasti gak lupa buat foto-foto hahaha
Kita balik ke Homestay sekitar sore hari sambil bakar-bakar ikan hasil tangkapan Topan dan Irfan. Yummy! Indahnya hidup!

DAY 3 (4 Juli 2012)
Hari terakhir nih, rasanya berat banget buat ninggalin Sawarna. Sebelum balik kita semua ngeliat sunrise yang kereeeeeen banget! Untuk terakhir kalinya kita semua ke pantai dan ke Tanjung Layar tempat pertama kita pas datang buat sekedar say goodbye aja mungkin kita bakal kesini lagi suatu saat.. Yaaa mungkin aja (semoga). Dan gak lupa dong foto-foto...
Pulangnya kita semua memutuskan naek ojek sekitar Rp. 20.000/orang karena mobil yang cuma satu-satunya itu berangkat jam 7.00 pagi dan gak mungkin banget kita semua bangun dan berangkat jam segitu. Hmmmph.. mending naek ojek sih seengganya walauun panas tapi gak berguncang-guncang dan bisa liat pemandangan juga kan.. udah naek ojek kita nunggu mobil ke arah terminal Pelabuhan Ratu. Itu mobil lamanya minta ampun.. udah lama penuh pula menyebabkan gue harus duduk di belakang. Padahal daerah belakang mobil tuh palling gue hindari soalnya you know lah.. dan yaaa sekali lagi saudara-saudara gue mabok! Ini si supir gak kira-kira lgi udah tau penu masih aja dinaekin orang-orangnya yang ada badan gue kecil kejepit pula.. Ohhh emaaaak! Sianya efek kutukan duduk di belakang tuh kerasa sampe gue di Bogor. Pasalnya pas nyampe di terminal pelabuhan ratu ge udah lemes banget! Karena lemes akhirnya gue gak makan dan karena g makan akhirnya gue pusing! Shit banget lah selama perjalanan dari Sukabumi-Bogor gue gak bisa ngapa-ngapain dan cuma bisa merengek ke si domo (untung dia perhatian hahaha ^^v). Sampe di Bogor ujan dan sekitar jam 21.00 tiba di Bogor.

Pokonya seneng banget deh liburan kali ini yaaa mudah-mudahan bisa kayak gini lagi kalo bisa sama semua best fren gue.. Aminnn!!
Ini beberapa hasil foto narsis kita selama di Sawarna.. Yuhuuu Ranger Hitam dan Ranger Kuning pasti sirik yaaaa :DDD










You Might Also Like

4 comments

  1. ini adalah post terpanjang yang pernah raner abu abu tulis

    BalasHapus
  2. muehuehuehuehue lg pengen :D

    BalasHapus
  3. halo , punya CP homestaynya gak ? saya ada rencana juga kesana :D , Terimakasih

    BalasHapus
  4. @ade ilham wah udah ilang mas.. tp coba aja search java beach di google itu rekomen banget deh :)

    BalasHapus

No Rude Words, Please ^^