Gagal Termasuk Kunci Keberhasilan

Gak sengaja ketika sedang mengganti channel televisi, mata saya terhenti di salah satu stasiun televisi swasta. Kemudian saya melihat wajah muda yang tak asing sedang menceritakan kisah suksesnya. Ternyata di adalah Andrew Darwis, pendiri forum internet terbesar di Indonesia, apalagi kalau bukan Kaskus (yang sering main internet pasti tahu tentang forum ini).

Dia bercerita bahwa Kaskus bukanlah sebuah perusahaan startup yang "jadi kemarin sore" lalu menuai kesuksesan. Butuh perjalanan yang panjang hingga 14 tahun (seingat saya) untuk bisa meraih kesuksesannya hingga seperti sekarang ini.

Andrew menekankan, bahwa bisnis yang disukai "sesaat" yang booming dalam kurun waktu tertentu seperti yang terjadi belakangan ini tidak akan bisa bertahan lama, karena pemakainya hanya terjadi sementara dan tidak bertahan dalam jangka waktu yang panjang. 

Ia bercerita banyak kegagalan yang harus dihadapi untuk bisa membuat Kaskus besar seperti sekarang.

Selain Andrew, ada juga Calvin Harris, yang bilang banyak kegagalan yang harus dilewatinya sebelum bisa menjadi DJ kelas dunia seperti sekarang. Dia bilang tidak akan bisa berhasil jika kegagalan-kegagalan tersebut tidak di hadapi.

Namun, perjuangan hebat sepanjang masa adalah kisah Nabi Muhammad. Beliau pantang menyerah untuk mengajak orang untuk memeluk Agama Allah. Beribu cacian, siksaan, perang, dan lain-lain dilalui beliau hingga akhirnya Islam bisa ditegakan. Kisah beliau tidaklah terjadi dalam waktu yang singkat. Perjuangannya yang ditempuhnya sangat lama sekali.

Itulah sekilas kisah-kisah orang sukses yang harus menghadapi berbagai kegagalan terlebih dahulu dalam jangka waktu yang cukup lama hingga akhirnya ia bisa meraih apa yang telah diusahakannya.

Selain mereka yang disebutkan di atas, banyak lagi orang yang berhasil mewujudkan impiannya sejak lama melalui berbagai kegagalan.

Saya ingin sekali menjadi seperti mereka, namun saat ini jujur saya akui masih banyak keraguan di daladm benak dan pikiran saya untuk meraih apa yang dicita-citakan. Tidak percaya diri, putus asa, takut, dan sebagainya.

Untuk itu, motivasi diri sendiri menjadi bagian yang paling penting dimana jangan takut untuk mengambil risiko apapun itu, termasuk kegagalan. Yakinlah bahwa kegagalan adalah bagian dari proses menuju keberhasilan :D

You Might Also Like

0 comments

No Rude Words, Please ^^