1 Tahun (Survive) di Jakarta



Yeay! Gak kerasa gue udah SATU TAHUN kerja di Jakarta! Tepatnya Jakarta Barat.. Dari awal gue mulai kerja, gue bertekad untuk menulis pengalaman gue selama satu tahun berada di Jakarta. Sempet lupa sih.. tapi entah mengapa tiba-tiba tepat pada hari ini gue keinget kembali untuk menulis di blog usang ini hahaha...

Hmm enaknya dimulai darimana ya? 

Mungkin dari kenapa gue pada akhirnya bisa kerja di Jakarta setelah lulus kuliah seperti kebanyakan orang-orang pada umumnya. 

Well, sebenarnya kalo mau jujur lebih enak kerja di kota sendiri daripada di kota orang. Selain tidak jauh dari rumah, tidak banyak pengeluaran, dan kondisi makan pn terjaga karena masih ada orang tua yang lengkap.


Tapi kalo diam di tempat yang sama selama berpuluh-puluh tahun, gue sih ngerasa gak berkembang aja. Lagian lowongan di Jakarta bejibun dibanding di kota sendiri yang susah banget dapetnya (untuk bidang gue). Plus kerja di Jakarta tawaran gajinya lebih menggiurkan dibanding di kota sendiri wakakak.. Cuma gue ga berniat selamanya disini, karena gue rasa nantinya gue akan kembali lagi ke kota kelahiran gue at some other time.

Jadi kenapa gue bisa kerja di Jakarta ialah karena gue berjuang selama dua bulan lamanya ngelamar kerja disana-sini. Lewat cara offline dan online gue jabanin. Pake orang dalem dan gak pake orang dalem gue lakuin! Dan akhirnya gue keterima kerja di sebuah perusahaan yang berkantor di Wisma Slipi, Jakarta Barat.

Dua bulan pertama, gue masih betah bolak-balik Jakarta-Bogor dengan menggunakan Kopaja dan Kereta. Tapi pada akhirnya gue nyerah, dan memilih untuk ngekos. Sekitar bulan November 2015 gue udah mulai menempati kosan gue yang berlokasi di kawasan Binus Syahdan, Jakarta Barat.

Karena gaji gue yang masih pas-pasan, gue cari kosan termuraaaaah banget dan akhirnya jatuh di kosan campur (cewek-cowok) dengan harga Rp 650 ribu per bulan. Itu kosan termurah di sekitar situ :(((

Setelah ngekost gue memutuskan gak hanya kerj-makan-tidur doang. Gue memikirkan cara untuk ketemu orang-orang baru dan mendapatkan pengetahuan baru. Akhirnya cara gue ialah mencari informasi tentang komunitas. Ya! komunita! Inilah awal mula gue jadi banyak teman di Jakarta hehe..

Kerjaan gue berlangsung dari Senin-Jumat, yang at least gue Sabtu-Miggu gabut alias ga ada kerjaan. Daripada waktu yang ada kebuang percuma. Gue gunakan untuk mencari tahu komunitas apa saja atau tempat nongkrong GRATIS mana saja yang ada di Jakarta wkwkwkw..

Jatuhlah pilihan untuk bergabung dengan komunitas bahasa. Gue pikir, gak ada salahnya gue kembali belajar dan membaca buku lagi. Siapa tau dengan belajar bahasa baru, gue bisa kerja di negara itu suatu saat. Amin!

Gue tertarik untuk belajar bahasa Korea. Penggema bahasa ini tak kalah banyak layaknya Kpop dan Kdrama yang juga telah banyak penggemarnya. Jadi tak aneh sebenarnya jika di Indonesia, khususnya wanita sudah mahir berbahasa Korea karena keterkaitannya dengan musik dan drama.

Time goes by, seiring berjalannya waktu. Gue pun banyak teman dan kenalan baru dari berbagai latar belakang! Wohooo seru! Satu persatu resolusi gue tahun lalu tercapai di tahun ini.
Memperluas networking menjadi salah satu alasan gue ikut komunitas.

Hmm apa lagi ya pegalaman yang gue dapat selama pindah ke Jakarta. Oia! Gue pun makin akrab sama orang Kantor pastinya. Bisa mulai ngikutin ritme kantor dan pastinya senang karena kerjaan gue sesuai kesukaan gue hehe~

Terus gue juga baru pertama kali ngerasain puasa di kota lain dan gak satu rumah sama emak! Jujur itu sulit buat gue.. Mulai dari bangun sahur sendiri sampe buka puasa sendiri sepi huhu :( Karena belum terbiasa, jadinya banyak bolongnya bahaha! Sampe tulisan ini dibuat utang gue masih terisa 7 lagi hahaha duh~

Hemm apa lagi ya. Oia karena seringnya diam di kantor gak liputan lagi kayak dulu! Gue jadi jarng liburan nih sumpeeek aigoo! Paling kemaren abis jadi guide ke Pulau Pari doang itu pun cuma 2 hari! lol hahaha


Terus banyak juga resolusi selama setahun kerja di Jakarta yang belom kesampean. Kayak pindah kerja lol! les bahasa Inggris, les bahasa Korea, beli sepeda, dan lainnnnya -__-

Semoga kedepannya gue bisa lebih baik dan bisa berbuat baik bagi orang sekitar gue. Semoga resolusi dan harapan yang belum terwujud bisa terkabul segera. Amin..

Psst!! Tahun ini gue udah bikin paspor. Jaga-jaga kalo ada yang ngusik kehidupan gue dengan pertanyaan "KAPAN NIKAH!!!" hahaha


Udah ah bhaay.. see u on catatan kerja gue berikutnya ^^

panjang bener catetan gue wkwkwk




You Might Also Like

2 comments

  1. Sukaaaa hahahah salam anak rantau juga! :)) Anyway, gabung ke komunitas apa? Kali bisa ikutan gabung juga :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai maaf banget nih baru balas.. banyak sis ada komunitas Faktabahasa, Komunitas Korea Indonesia, Komunitas Fotografi hehe.. salam kenal :)

      Hapus

No Rude Words, Please ^^